Fungsi pendidikan penting diketahui setiap orang, terutama pelajar dan mahasiswa. Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan, seseorang dapat menyerap banyak ilmu dan mengejar cita-citanya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh beragam ilmu, yaitu melalui pendidikan. Seseorang dapat mengasah keterampilan dan keahliannya melalui pelatihan atau pengajaran di sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Fungsi pendidikan dalam kehidupan sehari-hari tentu sudah tidak diragukan lagi. Berikut sejumlah fungsi pendidikan dan penjelasannya yang dilansir dari Liputan6.com:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik.

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Salah satu fungsi pendidikan yang paling utama adalah mengembangkan potensi dan mencerdaskan individu dengan lebih baik. Dengan begitu, hal ini diharapkan dapat menjadikan individu menjadi pribadi yang memiliki kreativitas, berpengetahuan luas, berkepribadian, dan bertanggung jawab.

Sementara itu, menurut Horton dan Hunt, lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi nyata sebagai berikut:

• Mengembangkan bakat perseorangan demi kepuasan pribadi dan bagi kepentingan masyarakat.

• Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Artinya, sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perubahan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang suatu hal, seperti pendidikan seks dan sikap terbuka.

• Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Selain itu, sekolah juga diharapkan mampu menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.

• Mempersiapkan anggota masyarakat untuk mencari nafkah.

 

sumber: https://www.merdeka.com/jateng/mengenal-fungsi-pendidikan-dan-penjelasannya-perlu-diketahui-kln.html